Slide Pura Penataran Ped.

Alamat: Banjar Bodong. Desa Ped. Nusa Penida. Klungkung. Bali Indonesia

Kalingking Clift Nusa Penida

Alamat: Banjar Karang Dawa. Desa Bunga Mekar. Nusa Penida. Klungkung. Bali Indonesia

Panorama Pulau Ceningan

Alamat: Pelabuhan 2 Banjar Nyuh. Desa Ped. Nusa Penida. Klungkung. Bali Indonesia

Angels Billabong

Alamat: Banjar Sompang. Desa Bunga Mekar. Nusa Penida. Klungkung. Bali Indonesia

Teletubbies Hill

Alamat: Banjar Hanta. Desa Tanggal. Nusa Penida. Klungkung. Bali Indonesia

Welcome to the site that serves transportation around the island of Nusa Penida

Kamis, 29 Desember 2016

4 Pura di Nusa Penida

4 Pura di Nusa Penida.

4 Pura ini diantaranya   1. Pura Segara Penida
                                      2. Pura Dalem Bias Mentig
                                      3. Pura Penataran Ped.
                                      4. Pura Batu Medau.


1. Pura Segara Penida ada di tepi pantai Nusa penida bagian barat yang kini pantai ini di kenal dengan nama Crystalbay, ada di Banjar Penida. Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida.

Sesuai dengan babad Dukuh Jumpungan yang kami miliki, konon Pura ini merupakan tempat tinggal beliau Dukuh Jumpungan serta merupakan tempat pertama kalinya beliau menginjakan kaki di daratan Gili Nusa Penida. Jika kita tilik status Pura ini berdasarkan babad Dukuh Jumpungan tentunya Pura ini  adalah Pura Dhang Khayangan. Berikut ini kami sertakan cuplikan babad Dukuh Jumpungan yang kami rasa ada kaitannya dengan Pura Segara Penida.

I Dukuh Jumpungan taler magenah ring Jagat Nusa, ring tepining segara Tukad Penida, Putran nyane sami ia polih genah, sane sareng magenah ring tepining tukad Penida Ida taler mekarya kain belacu,


2. Pura Dalem Bias Mentig ada di tepi pantai Nusa Penida bagian barat, tepat nya di Banjar Nyuh. Desa Ped. Nusa Penida. yang juga merupakan sebuah Desa Pakraman yaitu Desa Pakraman Nyuh Kukuh. Yang mana Pura ini sesuai dengan babad Dukuh Jumpungan konon tempat ini merupakan tempat yang sengaja di mohon oleh I Renggan dan putra - putranya, sehingga permohonannya dikabulkan oleh beliau yang berstana di Gunung Agung. Berikut cuplikan ceritranya yang termuat di babad Dukuh Jumpungan.

I Renggan mapinunas kesarengin baan putran – putran nyane sami, saking irika I Gutra mapinunas wantah nunas Jagat Nusa Penidane kabeh. Mewastu Dewane ring Gunung Agung asung ia lugraha tur kaserahang teken I Gotra saha ia anyeneng dadi Dewa Nusa Penida ngaran. Magenah ia I Gotra ngaran I Mecaling ring Bias Mentig,


3. Pura Penataran Ped.   Pura ini berada di tepi pantai uttara Nusa Penida yang terkenal dengan nama Pura Dalem Peed. Tepatnya Pura ini berada di Banjar Bodong. Desa Ped. Nusa Penida. Sesuai babad Dukuh Jumpungan Pura ini merupakan titik pusat pemerintahan di Pulau Nusa Penida yang Rajanya adalah beliau yang bergelar Dalem Dukut setelah beliau Dalem Dukut mampu mengalahkan adiknya I Gotra yaitu Dalem Sehang yang menjadi Raja Nusa Penida. Dan tempat ini juga merupakan pemberian dari I Gotra. Sehingga kita tidak bisa menyatakan status Pura ini dengan status lain selain Dhang Khayangan. Berikut ini kami juga sertakan cuplikan ceritra yang kami ambil di babad Dukuh Jumpungan.


raris ida Dalem Dukut mangda angamel Jagat Nusa Penida ne, saking I Gotra ngandikain ida Dalem Dukut mangda angamel Jagat Nusa Penidane.
 


Hana saking I Gotra I Mecaling ida dadi patih agung meparab Ida Ratu Gede Papak Badeng Dalem Nusa Penida, Magenah ida pada ring jagat Ped Nusa Penida, Ida Dalem Nusa ngaran magenah ring lor kuloning Nusa Penida ring tepining Segara tampek ngaran Bias Mentig, Ida Dalem Dukut magenah ring loring Nusa Penida ngaran magenah ring tepining Segara Jagat Ped Nusa Penida,

4. Pura Batu Medau. dan terakhir atau Pura yang ke empat juga berada di tepi pantai utara Nusa penida tapi agak ke timur, Pura ini berada di Banjar Suana. Desa Suana Kecamatan Nusa Penida. konon keberadaan Pura ini atas permintaan dari beliau Dalem Sehang sebagai ganti atas nyawanya yang diinginkan oleh Dalem Dukut, setelah permintaannya di sanggupi oleh beliau Dalem Dukut, Beliau Dalem Sehang pun akhirnya pergi tanpa harus dibunuh dan menghilang, demikian pula diikuti menghilangnya mata air yang mengairi Nusa Penida atas pastu dari beliau Dalem Sehang. Berikut ini kami juga tampilkan cuplikan dari babad Dukuh Jumpungan yang mengisahkan hal ini: 
Nah ne beli nyak lakar mati, nanging disubane beli ngalahin mati, kewala gaenang beli palinggih ring tepining Jagat Nusane sane ring tepining Segara kaja kangin. Ditu beli gaweakna palinggih Meru tinumpang sawelas aranakna Batu Medau, apan pematin beline mati kedawuhin, beli pacang mati ngalahin Iraka beli adi. Tur toya hana ring pucak Gunung Mundine ento lakar aban beli ke Segara, lumaris sira makerua atanding yuda,  
Demikian pengunjung yang kami hormati, secuil info yang kami copy dari babad Dukuh Jumpungan, yang terkait dengan empat Pura yang telah pula kami sampaikan keberadaannya, Semoga pula info yang alakadarnya ini bisa memberikan atau paling tidak menambah setetes pembendaharaan pengetahuan pengunjung khususnya tentang Pura yang ada di Nusa Penida. Sehingga kepergian pengunjung menuju Nusa penida untuk Matirtayatra bisa direncanakan sebelumnya Pura mana kiranya pengunjung datangi terlebih dahulu. Dengan demikian kami yakin keikhlasan berkorban akan muncul saat melakukan Tirtayatra sehingga tidak ada lagi kalimat ( Itung2 Tamasya ke Nusa Penida )
Buat pengunjung yang suka membaca babad, silahkan klik link di bawah ini, pengunjung akan di bawa kelaman Babad Dukuh Jumpungan yang merupakan sumber kami dalam memberikan info tentang Pura di Nusa penida.  Terima kasih.


CUPLIKAN ULASAN

Translate

Google+ Followers

Coba cari disini

Medsos

FacebookTwitterGoogle+InstagramLinkedinPathYahoo